Selasa, 15 Mei 2012

Arsitek membangun rumah tinggal sehat

Tips Kontraktor Surabaya - Adi arsitek tentang bagaimanakah membangun rumah tinggal sehat. Tim Kontraktor Surabaya - adi arsitek berbagi solusi pembangunan rumah sehat. Di awal kehidupan manusia yang masih sangat sederhana, rumah hanya dituntut untuk memenuhi kebutuhan dasar yaitu sebagai tempat berteduh dan berlindung dari cuaca dan gangguan alam. Pertama kali rumah diciptakan dari pola yang kontekstual dengan alam sekitarnya. Rumah yang dibangun dari material lokal, pembangunan rumah mengutamakan fungsi rumah untuk keamanan dan kenyamanan.

Indonesia yang memiliki iklim tropis yang panas, lembab, bercurah hujan tinggi, sebagian besar rumah tradisionalnya berupa rumah panggung dengan material lokal kayu, bambu, tanah liat serta dedaunan. Selain melindungi penghuni dari serangan binatang buas, rumah panggung juga menghasilkan sirkulasi udara di kolong rumah yang sangat baik untuk mengurangi tingkat kelembaban udara serta menjadi kekeringan lantai.

Penggunaan material alam untuk pembangunan rumah tropis dapat bernafas dengan baik. Sementara itu, bentuk atap yang miring berfungsi mengalirkan air untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi. Selain respon alam, rumah tradisional juga mencerminkann budaya setempat. Misal, pembuatan overstek atap yang rendah bertujuan agar manusia menunduk ketika memasuki rumah dan ini menggambarkan rasa hormat kepada pemilik rumah.

Sedangkan denah rumah yang sesuai dengan budaya tradisional yang bersangkutan. Secara garis besar, rumah tradisional mampu memadukan kebutuhan fisik dengan kebutuhan spiritual. Namun kemajuan zama dan pertumbuhan populasi manusia yang pesat membuat manusia berfikir menciptakan produk masal yang cepat dan instan.

Tumbuhnya kota besarpun tidak terhidarkan dan menciptakan pergerakan arsitektur. Rumah sekarang ini tidak lagi sebagai kebutuhan primer untuk berlindung, namun sebagai pemenuhan kebutuhan tersier serta sebagai simbol eksistensi pemilik rumah. Kemajuan industrial dan teknologi memberi dampak terhadap metode pembangunan rumah tinggal sehat. Hal ini sering mengakibatkan konsep perancangan rumah meninggalkan kaidah alam, kaidah kultur dan melupakan kesehatan bangunan serta penghuninya.

Dipihak lain, banyak masyarakat yang menganggap rumah tinggal masa kini lebih sehat dari pada rumah tradisional tempo dulu. Karena terlihat lebih kokoh, rapi dan bersih. Padahal kita perlu waspada terhadap racun yang ditinggalkan oleh bahan bangunan yang bersifat buatan. asbes, plastik, cat, karpet dan pendingin udara. Ingin membangun rumah tinggal sehat di Surabaya, silahkan menghubungi Kontraktor Surabaya, adimunandar arsitek 085230308464. Untuk mendapatkan jasa desain perencanaan arsitek & jasa kontraktor di surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik, Jawa Timur. pembangunan rumah dengan harga pembangunan rumah murah.

3 komentar:

  1. Tukang poles lantai marmer,teraso,granite disurabaya,gresik telp/hp.087885015422 sidoarjo,lamongan,mojokerto,pasuruan.malang

    BalasHapus
  2. Kami melayani permintaan material batu bata dengan harga murah

    untuk info lebih lengkap di mahesainti-material.blogspot.com

    BalasHapus
  3. THANKS FOR SHARING SUCH A AMAZING CONTENT
    GREAT PIECE OF WORK!!!
    REALLY APPRECIATE YOUR WORK!!!
    BIM documentation USA

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...